PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III-A DI SD NEGERI 1 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ni Made Yuniari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas III-A SD  Negeri 1 Pemecutan. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A SD Negeri 1 Pemecutan tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 27 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes prestasi belajar yang berupa essay .Semua data dianalisis secara deskriptif. Hasil tes prestasi belajar pada akhir siklus I menunjukan rata-rata kelas mencapai 69,63, daya serap 69,63% dan ketuntasan belajar klasikal 59,26%. Pada akhir siklus II, rata-rata kelas meningkat sebesar 6,67 menjadi 76,30, daya serap meningkat sebesar 6,67% menjadi 76,30% dan ketuntasan belajar secara klasikal meningkat sebesar 20,59% menjadi 73,53%. Hasil menunjukkan bahwa  ada pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas III-A.

Full Text:

PDF

References


Antari, D. Dantes, N. dkk. 2016. “Pengaruh Implementasi Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Essay Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Tampaksiring Tahun Pelajaran 2015/2016”. e Journal Program Pasca Sarjana Undiksha Program Studi Pendidikan Dasar 6 (1) Tersedia pada http : // pasca . undiksha . ac . id / ejournal/index.php/jurnalpendas/about (diakses tanggal 1 juni 2018)

Arcita, M., Dantes, N. dkk. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Terbuka Dengan Mengontrol Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas V SD Saraswati Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016”. e Journal Program Pasca Sarjana Undiksha Program Studi Pendidikan Dasar 6 (1) Tersedia pada http : // pasca . undiksha . ac . id / ejournal/index.php/jurnalpendas/about (diakses tanggal 1 juni 2018)

Eka, S. 2014. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Masalah Matematika Otentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Harapan Nusantara Denpasar”. e Journal Program Pasca Sarjana Undiksha Program Studi Pendidikan Dasar 4. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnalpendas/about (diakses tanggal 1 Juni 2018)

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Primayana, K. H. (2016a). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Primayana, K. H. (2016b). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Retrieved from https://doaj.org/article/214abe6de674458ea86e22a415936e86

Farid A, S. 2013. “Pengaruh Penerapan Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI”. http: // journal .unnes. ac. Id / sju / index . php /chemined. ISSN NO 2252-6609. Diunduh pada tanggal 20 Mei 2018.

Fortuna, D, Dantes, N. dkk. 2014. “Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD”. e-Journal Program Pasca Sarjana Undiksha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 4 Tahun 2014. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnalpendas/about (diakses tanggal 2 juni 2018)

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.

Raharjo, M. dkk. 2009. Modul Matematika SD Program Bermutu Pembelajaran Soal Cerita Di SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Runtukahu, J.T. dan Selpius K. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Sudiarta. 2013. Pembelajaran Matematika Inovatif. Bali : IKIP Negeri Singaraja

Sulistyaningsih Dwi, Martyana Prihaswati. 2015. “Pembelajaran Matematika Dengan Model REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Materi Dimensi Tiga Kelas X”.JKPM, 2 (2). ISSN : 2339-2444. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM (diakses tanggal 18 mei 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats