Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gerokgak Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Ida Bagus Oka Mahendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gerokgak  Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI). Hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gerokgak  Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pelajaran ekonomi. (2) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gerokgak  Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pelajaran ekonomi. (3) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan respon siswa XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gerokgak  Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pelajaran ekonomi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran ekonomi pada kategori setuju dengan skor rata-rata 89 data respon siswa, respon siswa setuju menunjukkan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat diterima oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I M. 2010. Buku AjarStatistik Multivariat disertai Aplikasi dengan SPSS. IKIP Negeri Singaraja.

Daryanto dan Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Hamalik, Qemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Surabaya: PT Bumi Aksara

Isjoni, H.2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Palguna. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola basket pada siswa kelas X4 SMA N 1 Sawan. Undiksha. Jurusan Penjaskesrek.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shalomo, 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Imperium.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyitno. 2002. Cooperative Learning dalam Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Imperium.

Sutrisni. 2011. Penerapan Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas hasil belajar siswa kelas IX SMK Piri Sleman. Yogyakarta.

Trianti. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publishe.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adicarya: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats