Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket (Chest Pass Dan Bounce Pass) Pada Siswa Kelas XI AP1 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019

Ni Luh Putu Sri Arya Mahayuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket melalui penerapan  model pembelajaran kooperatif  tipe STAD  pada siswa kelas XI AP1 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas, dilaksankan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, siswa kelas XI AP1 SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian hasil belajar siswa teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. Data hasil belajar siswa teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran kooperatif  tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,88 dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 91,24 dengan kategori sangat baik, Peningkatan ketuntasan hasil belajar passing bola basket dari siklus I ke siklus II adalah 11,36%.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja : Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu Keoahragaan Universitas endidikan Ganesha Singaraja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adicarya: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats