Meningkatkan Pembelajaran Dengan Teori Belajar yang Menyenangkan Untuk Anak SD

Nyoman Suastika

Abstract


Belajar adalah suatu proses dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu hingga akhirnya dapat tercapainya suatu keberhasilan dari proses yang kita alami dan dapat dijadikan suatu pengalaman yang sangat berharga. Selain itu, belajar juga merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Dalam belajar yang terpenting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons. Dimana, stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respons tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respons. Oleh karena itu, apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Ibrahim, M. dan Nur, M. (2002). Project-Based Teaching (Pembelajaran berbasis Project). Surabaya: UNESA University Press.

Ibrahim, M. dan Nur, M. (2002). Experience-Based Education (Pendidikan berdasarkan pengalaman). Surabaya: UNESA University Press.

Ibrahim, M. dan Nur, M. (2002). Authentic Learning (Pembelajaran Autentic). Surabaya: UNESA University Press.

Ibrahim, M. dan Nur, M. (2002). Anchored instruction (Pembelajaran berakar pada kehidupan nyata). Surabaya: UNESA University Press.

Robert E. Slavin. (2000). Educational Psychology: theory and Practice. Pearson Education. New Jersey


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adicarya: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats