Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar

Komang Suryani

Abstract


Mendidik adalah sebuah proses mendorong anak-anak tumbuh dan berkembang sampai anak menjadi dewasa jasmani dan rohani. Orang tua memiliki peran utama sebagai pendidik dalam hidup anak, sementara guru sebagai pendidik yang dibatasi oleh waktu mengajar. Anak SD pada perkembangannya memiliki karakteristik yang unik. Menurut teori kognitif Piaget menyatakan bahwa perkembangan anak usia SD pada umumnya berada pada tahap operasional konkret. Sementara itu, teori psikososialnya Erikson mengelompokkan anak usia SD ke tahap industry versus inferiority. Sedangkan menurut teori moral Piaget menjelaskan bahwa anak usia SD (7 sampai 10 tahun) secara umum berada pada masa transisi antara moralitas heteronom menuju moralitas otonom. Perkembangan fisik anak usia SD dapat dilihat dari gambaran umum mengenai peningkatan proporsi tinggi dan berat badan serta karakteristik fisik lainnya yang muncul. Pada usia SD, anak-anak mengembangkan banyak kemampuan motorik dasar yang digunakan untuk menyeimbangkan tubuh, berlari, melompat, dan melempar. Perkembangan metakognitif mendorong anak-anak menyadari kemampuan kognitif dirinya guna menentukan metode yang tepat untuk belajar dan memecahkan masalah. Peran utama orang tua dan guru dalam mendidik anak adalah memberikan teladan yang baik.


Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Amir, M. (2011). Rahasia Mengajar dengan Kreatif, Inspiratif dan Cerdas. Jakarta: Logika Galileo

Anderson & Krathwohl. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ardiyanto, G. (2010). A to Z Cara Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Bastable, S. B. (1997). Perawat sebagai Pendidik: Prinsip-Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Budiyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish Publisher


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adicarya: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats