IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 TIRTASARI

Kadek Ermi Rosalina

Abstract


Matematika merupakan alat untuk memberikan cara berpikir, menyusun pemikiran yang jelas, tepat, dan teliti. Dalam pembelajaran matematika tentunya tidak lepas dari ciri matematika itu sendiri yaitu (1) memiliki objek kejadian yang abstrak dan (2) berpola pikir deduktif dan konsisten. Namun yang terjadi di lapangan, kualitas pembelajaran matematika masih sangat rendah. Sikap dan kemampuan berpikir matematika siswa masih rendah dan belum memuaskan. Rendahnya kualitas pembelajaran matematika akan berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa, hal ini ditemukan oleh banyak faktor yang secara umum terdiri atas faktor eksternal dan internal. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, maka penggunaan pendekatan pembelajaran yang sesuai adalah melalui pendekatan matematika realistik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan Implementasi pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 1 Tirtasari

Full Text:

PDF

References


Ayu, P. E. S. (2018). Membelajarkan Keterampilan Berkomunikasi Sejak Dini. Jurnal Maha Widya Bhuwana, 1(1).

AYU, P. E. S., Arnyana, I. B. P., Si, M., & Ristiati, N. P. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Murder (Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan motivasi belajar IPA Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Depdikbud. 1996. Tujuan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Primayana, K. H. (2016a). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Primayana, K. H. (2016b). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Retrieved from https://doaj.org/article/214abe6de674458ea86e22a415936e86

Heruman. (2007) Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika,(Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2005).

I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas TerbukaKTSP SD/MI 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats