PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DESAIN BUSANA SISWA KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 2 SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Luh Nusari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa dan (3) respon siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran desain busana kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas, dilaksankan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu siklus I diperoleh rata-rata aktivitas sebesar 64 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas sebesar 82 dengan kategori aktif, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu siklus I pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 78 dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 85 dengan kategori baik, peningkatan hasil telah memenuhi klasifikasi KKM yang ditetapkan 80, (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) diperoleh rata-rata respon sebesar 88 dengan kualifikasi setuju

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I M. 2010. Buku Ajar Statistik Multivariat disertai Aplikasi dengan SPSS. IKIP Negeri Singaraja.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Primayana, K. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Retrieved from https://doaj.org/article/214abe6de674458ea86e22a415936e86

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianti. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats