ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Putu Yulia Angga Dewi

Abstract


Pendidikan nasional harus mampu meningkatkan mutu dan relevansi serta efisiensi pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahrasa, olahpikir, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat memunculkan tuntutan baru dalam segala aspek kehidupan termasuk dalam sistem pendidikan. Salah satu tuntutan dalam sistem pendidikan adalah perubahan paradigma atau reorientasi terhadap proses pembelajaran. Pelaksanaan Kurikulum 2013 merupakan tantangan dan bagian dari upaya perbaikan kondisi pendidikan di Indonesia, dan kurikulum 2013 ini di harapkan akan mampu  menjadi pedoman pendidikan di tanah air. Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah melakukan berbagai sosialisasi. Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013, menggunakan model pembelajaran tematik. Model pembelajaran tematik diyakini sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif (highly effective teaching model), karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik di dalam kelas atau di lingkungan sekolah

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A.Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

B.Uno Hamsah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Chamisijatin Lise,dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum SD. Jakarta: Depdiknas.

Dantes. 2007. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Singaraja: Undiksha

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Dantes. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja.

Departemen Pendidikan Nasional. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.

Depdiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Primayana, K. H. (2016a). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Primayana, K. H. (2016b). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Retrieved from https://doaj.org/article/214abe6de674458ea86e22a415936e86

Herry Hermawan Asep,dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jaya, I Made. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guided Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. Tesis (tidak diterbitkan).Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Undiksha.

Kasful Anwar, Harmi Hendra. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.

Kemdikbud. 2012. Modul Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BPSDMPK dan PMP.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Implementasi Kurikulum 2013

Kemdikbud. 2013. Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik BPSDMPK dan PMP.

Kumala, D. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. Tesis (tidak diterbitkan).Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Undiksha.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lasmawan, Wayan. 2013. Telaah Kurikulum. Sinar Grafika: Singaraja

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan; Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muzamiroh, Mida Latifatul. 2013. Kumpas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogiakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: PT Bumi Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats