KONTRIBUSI IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN PELAYANAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU DI SD NEGERI NO 8 BUNGKULAN

Komang Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi antara variabel manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana dan kepemimpinan pelayanan kepala sekolah dengan variabel komitmen organisasional guru. Penelitian ini tergolong jenis ex-post facto dengan rancangan regresi linier. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dari variabel manajemen sekolah dan kepemimpinan pelayanan kepala sekolah dan komitmen organisasional guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi manajemen sekolah terhadap komitmen organisasional sebesar 0,809 atau 80,9%; 2) terdapat kontribusi kepemimipinan pelayanan kepala sekolah terhadap komitmen organisasional sebesar 0,695 atau 69,5%. Hal ini berarti implementasi manajemen memberi kontribusi dalam meningkatkan komitmen organisasional guru. Keadaan ini akan terus mendorong guru untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang telah ditetapkan.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, R, N. 2005, Budaya Tri Hita Karana dan Efektivitas Kepemimpinan, Jurusan Ekonomi pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Agung, A.A. G. 2004. Evaluasi Pendidikan " Suatu Pengantar" . Singaraja: IKIP Negeri Singaraja Singaraja.

Agung, A.A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Aditya·Media Publishing .

Agung, A.A. G. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Amstrong, M. 1999 . The Art of Human Resource Management. Vol. 2. 1st Edition. New Delhi: Grest Publising House.

Anastasi, A. 1982. Psychological Testing. (4th ed.). London: Collier MacMillan Publishers.

Anderson, J. C. dan Gerbing, D. W. 1991. Structural Equation Modelling in Practice: A Review and Recommended Two-Step Approach. PsychologicalBulletin, 193(3), pp. 411- 423.

Allen & Meyer.1997. Commitment In The Workplace (Theory, Research and Application). Sage Publication London

Ardhana, W. 1987. Bacaan Pilihan dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ary, D., Jacobs, L.C., dan Razavich, A. 1985. Introduction to Research in Education. 3rd Ed. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Best, J.W. 1982. Metodologi Penelilian Pendidikan. Terjemahan Sanafiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso. Surabaya: Usaha Nasional.

Bishay, Andre. (1996). Teacher Motivation and Job Satisfaction: A Study Employing the Experience Sampling Method. Journal of Undergraduate Sciences. Vol. 3: 147-154.

Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. 4th Ed. New York: Longman.

Cascio, W. F. 1991. Applied Psychology in Personnel Management. Edisi Ke-4. New Jersey: Prentice Hall.

Christina, S., & Maren, S. 2010. Exporting Services Successfully: Antecedents and Performance Implications of Customer Relationships. Journal of International Marketing, 18(1), pp. 86-108.

Daryanto. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis,K. & Newstrom, J.W. 1989. Human Behavior at Work: Organizational Behavior 8th edition. New York: McGraw Hill.

Depdiknas. 2009. Permendiknas No .58/2009 tentang standar Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta:Depdikbud

Departemen Pendidikan Nasional, 2000, Panduan Manajemen Sekolah, Jakarta, Depdiknas

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Primayana, K. H. (2016a). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Primayana, K. H. (2016b). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Retrieved from https://doaj.org/article/214abe6de674458ea86e22a415936e86

Fraenkel, J. R., & Norman E.W. 1993. How to Design and Evaluate Research in Educalion. New York: McGraw-Hill Inc

Gay, L.R. 1985. Educational Evaluation and Measurement: Competencies for Analysis and Application. 2nd Ed. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.

Gay, L.R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application (3rd ed.).Toronto: Merril Publishing Company.

Gay, L.R., & Diehl, P.L. 1992. Research Methods for Business and Management. New York: Macmillan Publishing Company.

Gibson, Ivancevich, Donnelly. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Bina Rupa Aksara: Jakarta

Greenleaf, R. K. 1970. Servant leadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness. New York: Paulist Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats