PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERMUATAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VI DI SD NEGERI 1 BUNGKULAN

Nyoman Suastika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan karakter terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 130 siswa. Sedangkan sampel berjumlah 18 siswa. Data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual bermuatan Karakter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan Karakter terhadap hasil belajar PKn. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran  kontekstual  bermuatan karakter bangsa dengan siswa dalam proses pembelajaran menerapkan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi

Full Text:

PDF

References


Dantes, N 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Primayana, K. H. (2016a). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Primayana, K. H. (2016b). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Retrieved from https://doaj.org/article/214abe6de674458ea86e22a415936e86

Primayana, K. H. (2019). THE IMPLEMENTATION OF SCHOOL MANAGEMENT BASED ON THE VALUES OF LOCAL WISDOM TRI HITA KARANA AND SPIRITUAL INTELLIGENCE ON TEACHER ORGANIZATIONAL COMMITMENTS. Proceeding International Seminar (ICHECY), 154–159. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/ichecy/article/view/134/127

Lasmawan, W. 2007. “Memperkuat Jati Diri dan Simpul Kenegaraan Melalui Pembelajaran Pkn Yang Berbasis Local Genius”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha Volume 3 Tahun 2007. Singaraja: JPP Undiksha.

Lasmawan, W. 2010. Menelisik Pendidikan PKN dalam Perspektif Kontekstual-Emperis. Singaraja : Mediakon Indonesia Press Bali.

Purnomo, A. 1999. Sikap Demokratis Siswa Sekolah Menengah Umum di Yogyakarta.Tesis master, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rakhman, Jalaludin. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sihabuddin R. 2002. “Pendidikan Demokrasi Melalui Pengelolaan Asertivitas dan Atribusi Siswa Terhadap Sikap dan Perilaku Berdemokrasi : Studi Pengembangan Pendekatan Pendidikan Demokrasi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung” (halaman 140-158). Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana UPI.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subandrio. 2002. Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pendekatan Komprehensif di Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 2 Bantul Tahun Pelajaran 2001/2002.Tesis(tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugiyono. 2013b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, 2003. Evaluasi Pedidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi aksara.

Suryadi. 1999. “Demokratisasi Pendidikan Demokrasi”, Mimbar pendidikan. Jurnal Pendidikan No. 1 Tahun XVIII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats