Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Siswa Kelas X AP2 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020

Ni Luh Putu Sri Arya Mahayuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing atas dan passing bawah) melalui penerapan model pembelajaran koopertif tipe TGT pada siswa Kelas X AP2 SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas, dilaksankan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, siswa Kelas X AP2 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 38 orang (putra 26 orang dan putri 12 orang). Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja teknik dasar passing bola voli (passing atas dan passing bawah). Tes unjuk kerja digunakan untuk mengukur penguasaan hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan gerak teknik dasar passing bola voli (passing atas dan passing bawah). Data tentang hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrument berupa assesemen. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,4 kategori cukup baik dengan ketuntasan hasil belajar 44,74%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 86,03 kategori baik dengan ketuntasan hasil belajar siswa 100%, Peningkatan ketuntasan hasil belajar passing bola voli dari siklus I ke siklus II adalah 6,63%.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja : Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu Keoahragaan Universitas endidikan Ganesha Singaraja.

Nurhasan dan S. Sukarjo. 2011. Evaluaasi Pengajaran Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tingkat Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.