Membangkitkan Rasa Ingin Tau Yang Kuat Melalui Proses Belajar

Kadek Desy Yudhi Astini

Abstract


Belajar adalah prosesi yang paling utama dari setiap usaha pendidikan. Jadi tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan. Belajar sebagai suatu proses dan belajar hampir selalu mendapat tempat yang luas dalam berbagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan upaya kependidikan. Sebagai contoh psikologi pendidikan serta psikologi belajar. Hasil dari kegiatan belajar dapat ditandai dengan meningkatnya kemampuan berfikir seseorang. Jadi, selain memiliki pengetahuan baru, proses belajar juga akan membuat kemampuan berfikir seseorang menjadi lebih baik. Dalam hal ini, pengetahuan akan meningkatkan kemampuan berpikir seseorang, dan begitu juga sebaliknya kemampuan berpikir akan berkembang melalui ilmu pengetahuan yang dipelajari. Dengan kata lain, pengetahuan dan kemampuan berfikir merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Amir, M. (2011). Rahasia Mengajar dengan Kreatif, Inspiratif dan Cerdas. Jakarta: Logika Galileo

Anderson & Krathwohl. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ardiyanto, G. (2010). A to Z Cara Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Bastable, S. B. (1997). Perawat sebagai Pendidik: Prinsip-Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Budiyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish Publisher


Refbacks

  • There are currently no refbacks.