Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di Era Milineal pada Peserta Didik

Komang Ayu Vina Ariani

Abstract


Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ducare, berarti “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” dan awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pada zaman milineal ini, pendidikan karakter mulai sulit diterapkan kepada siswa karena berbagai faktor yang menyebabkan, Sebagai seorang Guru atau pendidik sudah menjadi tugas kita untuk menanamkan pendidikan karakter kepada siswa apalagi Seorang guru diteladani karena kekuatan pribadi atau karisma melalui integritasnya, dan dihormati karena tindakannya, bukan karena status atau pangkatnya. Seorang guru yang ingin menularkan "karakternya" mampu mengambil inisiatif dalam perilaku. Bukan hanya memerintah tetapi mulai melakukan dari dirinya sendiri selanjutnya memastikan bahwa siswanya dapat mencontoh dan melaksanakan nilai-nilai yang dilakukannya

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). PERANAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Kusuma, Doni, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo, 2007.

Munir Abdullah, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pedagogia, 2010.

Nashar.Drs.2004.Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran.Jakarta:Delia press.

Ristekdikti (2018). Era revolusi industri 4.0. Journal Revolusi industri 4.0, 3.

Sardiman,A.M.2000.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.