Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Pemanfaatan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Siswa Kelas VIA SD Negeri 11 Pemecutan Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Ni Gusti Nyoman Sri Artini

Abstract


Dalam melaksanakan pembelajaran, guru dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran agar proses pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik karena selama ini prestasi belajar awal peserta didik masih rendah. Untuk itu peneliti menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Pemecutan di Kelas VIA berjumlah 39 orang peserta didik. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan Tes Pilihan Ganda dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan Tes Pilihan Ganda dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada pada awalnya 64,62 (40,72%) setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,18 (64,10%) dan pada siklus I meningkat lagi menjadi 72,69 (92,31%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan Tes Pilihan Ganda dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIA SD Negeri 11 Pemecutan.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, Ida Bagus Putu. 2006. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. IKIP Negeri Singaraja, No. 3 TH. XXXIX Juli 2006.

Andriani, Umi dan Rani Nuraeni. 2008. Mencocok, Menempel dan Mewarnai. Jakarta: Erlangga for Kids.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fridani, Lara, dkk. 2009. Evaluasi Perkembangan Siswa Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Siswa Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.